Login

Lupa password?

Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Pocoyo Birthday Cake
Tue Mar 22, 2016 7:36 am by Rilirili

» Salam kenal dari Femmie
Mon May 18, 2015 3:08 am by femin_k

» Cara menambal fondant yang robek
Wed Apr 29, 2015 2:56 am by sh4ry

» perkenalan
Tue Mar 31, 2015 3:50 am by sh4ry

» perkenalan
Tue Mar 31, 2015 3:49 am by sh4ry

» Salam Kenal, saya vivi dari jakart
Thu Oct 23, 2014 9:58 pm by vivi marvianti

» Macem-macem
Mon Jan 27, 2014 4:50 am by widiyanti

» Exchange_Server_2013_Administration.rar
Tue Dec 10, 2013 5:46 am by mariwend

» Naruto Shippuden Vf
Tue Dec 10, 2013 5:11 am by mariwend

Poll

Marshmallow Fondant (MMF)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Marshmallow Fondant (MMF)

Post  Sheila on Wed Feb 25, 2009 3:36 pm

Berikut ini adalah resep homemade MMF yang sering aku gunakan. Untuk kaum Muslim, harus diperhatikan untuk mencari marshmallow yang sudah mendapat sertifikat halal, ya. Biasanya aku selalu menggunakan 1/2 porsi saja. Setengah porsi saja sudah cukup untuk meng-cover cake berdiameter 26cm, tinggi 7-8cm (bahkan masih ada sisanya).

Bahan:
600g marshmallow
1250g gula tepung (dibagi jadi 5: 250g)
3 sdm air
1/2 sdm clear vanilla ekstrak
1/2 sdm butter ekstrak
50g coklat putih
1 sdm shortening

Cara:

1. Ayak gula tepung, lalu dibagi 5 (@ 250g). Sisihkan 2 x 250g gula tepung. Sisanya (750g), diayak lagi di atas meja kerja. Buat lubang di tengah2nya.

2. Masukin marshmallow di mangkok tahan panas. Sebelumnya, si mangkok diolesin dulu sama shortening yang banyak (jangan pelit2 kalo nggak mau si marshmallow lengket di mangkok). Masukin air, vanila & butter ekstrak.

3. Lelehin marshmallow di microwave sampai bentuk si marshmallow jadi kental & menyatu. Jangan lupa, sekali-kali diaduk pake sumpit kayu yang sebelumnya udah diolesin pake shortening. Masukin di microwave-nya jangan kelamaan! Kalo si marshmallow terlalu leleh, nanti bakal keras jadinya.
Buat yang nggak punya microwave, bisa juga si marshmallow dilelehin dengan cara ditim di atas air mendidih (kayak ngelelehin coklat).

4. Kalau keseluruhan marshmallow udah leleh, masukkan coklat putih & shortening. Aduk rata. Kalo pengen bikin salah satu warna tertentu (merah, hijau, kuning, de el el), masukkan pewarna makannya pada proses ini. Ini sangat membantu supaya kita nggak perlu terlalu capek ngulenin si fondant.

5. Masukkan 1 x 250 g gula tepung yang disisihkan tadi. Aduk2 rata pakai sumpit kayu.

6. Kalau sudah rata, tuang keseluruhan marshmallow di dalam lubang gula tepung yang ada di meja kerja.

7. Aduk2 keseluruhannya pakai scrapper yang udah diolesin pakai shortening. Kalau sudah rata, sedikit demi sedikit tambahkan sisa gula yang 1 x 250 gram. Ulenin pakai tangan (tangannya jangan lupa diolesin pake shortening ya...supaya nggak lengket!)

8. Kalau udah mulus, bungkus MMF di plastik makanan (sebelumnya si MMF diolesin pake shortening dulu). Terus masukkan di kotak kedap udara.

Catatan:
* Saat proses pelelehan, si marshmallow bakal panas banget kalo disentuh. Harus ekstra hati2 buat yang punya anak!
* MMF harus diinapkan dulu 24 jam, sebelum digunakan.

Mungkin agak sulit untuk membayangkan pembuatannya. Lain waktu, kalau aku mau bikin MMF, akan aku foto step-by-step-nya.

Sheila

Jumlah posting : 40
Registration date : 11.12.08

Lihat profil user http://sheilas-kitchen.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik